Skip to main content

Tentang Arsitek(tur) dan Seni Mengalami Kebaruan


Photo by tarlen

(tulisan ini, tidak ada maksud untuk menyerang siapapun atau profesi tertentu. Apa yang ditulis di sini adalah murni kegelisahanku semata, sebagai seseorang yang pernah sangat-sangat ingin menjadi seorang Arsitek dan kemudian berubah pikiran. Pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa aku bunuh.
Namun menuntutku untuk mencoba mencari jawabannya)


"Seni adalah keterampilan untuk mengalami kebaruan-kebaruan dalam hidup."

- Bambang Sugiharto, ECF, Unpar, 16 Maret 2007-

Hari kemarin, aku harus mengahadapi hal yang membuatku heran. Akhir bulan ini, Common Room dan kineruku berencana memutar film-film pendek dan animasi dari Resfestival 2006 di Bandung. Karena materinya sangat cocok dengan kampus-kampus seni dan desain, kami memutuskan untuk mengajak pihak-pihak kampus tersebut untuk bekerjasama. Salah satunya adalah sebuah program studi arsitektur di salah satu kampus di Bandung. Dari beberapa dosen yang menjadi kontak person, mereka mendukung program ini, karena mereka pikir mahasiswa/i perlu mendapat alternatif lain sebagai materi pembelajaran. Toh materi Resfest sendiri banyak mengeksplorasi seni dan teknologi dengan content yang banyak berhubungan dengan persoalan arsitektur dan urbanism.

Keherananku muncul, saat ketua program studi jurusan tersebut mengimel padaku, mengatakan bahwa belum bisa bekerjasama karena tidak ada kegiatan yang bisa mewadahi pemutaran film dan kegiatan ini dianggap tidak sesuai dengan tema program studi arsitektur. Spontan aja baca email itu, dahiku berkerut dan menampakan muka terheran-heran, kok bisa merasa tidak sesuai dengan tema ya? Pertama, lihat film-filmnya aja belum. Kedua, bagaimana mungkin film, grafik animasi, desain, apalagi tema-temanya juga banyak yang berhubungan dengan urbanism, tidak terkait dengan studi arsitektur?

Beneran loh, aku jadi kepikiran. Kenapa ya untuk sebuah disiplin ilmu yang sesungguhnya gabungan dari art dan teknologi ini, justru sebagian orang yang mumpuni dan punya power disitu, malah membuat sekat-sekat pemisahan yang jelas. Bagiku, apapun itu jika memang berhubungan dengan seni, apapun bisa jadi nyambung. Karena seni adalah keterampilan untuk mengekplorasi kebaruan hidup, imajinasi yang kreatif dan menuntut untuk selalu di eksplorasi. Dan hal ini nyambung dengan pembicaraanku dengan temanku yang arsitek. Disela-sela pembicaraan kami tentang materi spirituality anonymous, kami berdiskusi tentang bagaimana profesi seringkali justru membangun sekat-sekat yang mengekang diri untuk mengeksplorasi imajinasi itu. Contoh pengekangan dalam konteks tulisanku ini ya, anggapan bahwa menonton film-film yang aku tawarkan itu, ga sesuai dengan bidang studi arsitektur. Gimana bisa melahirkan karya-karya yang menawarkan kebaruan itu, jika belum apa-apa sekat-sekat itu sudah ditanam kuat.

Aku sempat berdebat dengan teman arsitekku itu, bagaimana seniman menurut temanku itu, punya keleluasaan yang lebih besar, karena dia lebih soliter. Sementara menurut temanku, arsitek punya batasan karena harus bernegosiasi dengan banyak hal: ada insinyur sipil, ada drafter, ada mandor dan yang lain. Aku membantah pernyataan itu dan mencoba melihat hal itu dari sisi yang lain. Bukankah, Arsitek justru punya tools yang lebih 'kumplit' karena apa yang dia lahirkan sebagai sebuah karya (seharusnya) merupakan proses negosiasi dengan sekelilingnya (anggota timnya, masyarakat, lingkungan, pemilik modal, dll). Tentunya menegosiasikan ide kratif kepada banyak pihak bukanlah hal yang sederhana. Pada titik ini kupikir karya seorang seniman lebih 'menawarkan' cara mengalami kebaruan itu, karena intensitas personal senimannya menjadi sangat terasa. Sementara karya seorang arsitek justru 'membentuk' cara mengalami kebaruan itu. Karena ada proses mengalami yang dibentuk oleh ruang. Aku ga tau, apa karena bermain-main dengan ruang kemudian membuat sekat yang dibangun, bukan hanya menandai batas, tapi juga mengurung diri dalam teritori yang seolah tak bisa dilanggar?

Pernyataan lain yang menarik untuk disimak dari temanku yang arsitek itu adalah: "mungkin arsitek selama ini terjebak dalam persoalan teknis. Sebagaian besar waktunya justru habis untuk menyusun kertas kerja daripada bereksplorasi dengan kebaruan-kebaruan itu. Dengan maksud bercanda, aku mengatakan pada temanku arsitek lain yang lebih senior: "keluarkan bakat rocker terpendammu." Karena sepengelihatanku, kejaimannya yang selama ini dikondisikan oleh lingkungan, membuat ekspresinya terepresi ketika ingin merayakan kebaruan-kebaruan dalam hidupnya (Mmm.. mungkin saja dalam hal ini aku sebenernya terlalu cepat menilainya, dan penilaianku salah. maaf ya..).

***

Bagiku ga jadi masalah juga ketika 'sekat' itu di tutup oleh orang yang berpengaruh dalam program studi arsitektur itu. Meski pun tetap terheran-heran: 'kok, bisa?' bagaimanapun juga sebuah tawaran untuk menikmati kebaruan-kebaruan lewat resfest 2006, bisa saja disambut dengan semangat ataupun penolakan sama sekali. Semua balik ke persoalan sejauh mana, kebaruan itu diinginkan.

(terima kasih untuk kampus-kampus yang mau mengalami kebaruan imajinasi lewat ResfestI10 Goes2 Bandung)

Popular posts from this blog

“Rethinking Cool” Gaya Anak Muda Bandung

pic by egga Tak sengaja, suatu siang, saya mendengar percakapan dalam bahasa Sunda dua orang anak laki-laki berseragam SMP di angkot Cihaheum-Ledeng, dalam perjalanan ke tempat kerja saya. “Maneh geus meuli sendal 347 can?” pertanyaan dalam bahasa sunda yang artinya: ‘kamu sudah beli sendal 347 belum? ‘, mengusik saya. Secara reflek, saya memandang si penanya yang duduk di hadapan saya. Ketika memandang mimik mukanya yang berapi-api, mata saya terpaut pada ransel sekolah yang ada dipangkuannya, merek 347, menghiasi ransel berwarna biru tua itu. Temannya yang duduk di sebelah saya menjawab: “acan euy, ku naon aya nu anyar?’ (belum, kenapa ada yang baru?) . Anak SMP yang duduk di hadapan saya itu setengah memarahi temannya: “Payah siah, meuli atuh meh gaul!” (payah kamu, beli dong biar gaul). Saya kaget, sekaligus geli dengan dua orang anak SMP itu. Kegelian saya bukan karena ekspresi mereka, tapi bayangan dandhy yang tiba-tiba muncul di kepala saya. Teman saya, si pemilik clothing la

Hujan Semalam di Malaysia, Banjir Sebulan di Sembakung*

Foto oleh tarlen Creative Commons Tulisan ini adalah catatan penelitan lapangan yang dibuat untuk Yayasan Interseksi. Tarlen Handayani adalah anggota Tim Peneliti Hak Minoritas dan Multikulturalisme di kawasan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur Sembakung. Sebuah tempat yang sama sekali asing dan saya putuskan sebagai tujuan dari penelitian ini, saat sampai di Nunukan, Kalimantan Timur. Dari rencana semula, wilayah penelitian saya adalah Kepulauan Mentawai, tepatnya di Siberut. Namun, saat workshop persiapan sebelum berangkat ke lapangan, tempat penelitan sepakat di pindah ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur atas pertimbangan beberapa informasi, bahwa Siberut terancam tsunami. Saya menyepakati kepindahan lokasi itu, meski berarti saya harus mempersiapkan semuanya lagi dari awal. Salah satu mentor workshop, Dave Lumenta , memberikan rekomendasi beberapa daerah di sekitar Kecam

Menjadi Kecil Itu Pilihan

Tobucil jepretan Chandra Mirtamiharja Aku sering sekali di tanya, apakah suatu hari nanti tobucil akan menjadi tobusar alias toko buku besar? meski seringnya kujawab sambil bercanda, tapi aku serius ketika bilang, tobucil akan tetap menjadi tobucil. Karena tobucil tetap memilih menjadi kecil. Sebagaian yang mendengar jawabanku bisa menerima meski mungkin ga ngerti-ngerti amat dengan maksudku 'tetap menjadi kecil' , tapi sebagian lagi biasanya langsung protes dan merasa aneh dan menganggapku tidak punya cita-cita besar dan tidak mau mengambil resiko menjadi besar. Biasanya aku akan balik berkata pada mereka yang merasa aneh itu, 'memilih tetap kecil itu bukan pilihan yang mudah loh.' Mungkin ada teman-teman yang kemudian bertanya, 'mengapa menjadi kecil itu bukan pilihan yang mudah?' bukankan kecil  itu sepele, remeh dan sederhana? Ketika memulai sebuah usaha dari hal yang kecil, remeh dan sederhana, itu menjadi hal yang mudah dilakukan. Namun jika sebuah