Skip to main content

Heart Sweet Heart My New Heart


Christina's World, by Andrew Wyeth

Jika diumpakan, hatiku ini seperti sebuah rumah berkamar-kamar. Ada kamar utama, kamar tamu, kamar mandi, dapur, teras belakang, halaman depan, tempat kerja dan ruang-ruang lain yang fungsinya masih belum terdefinisikan dengan jelas. Sebagai sebuah rumah, tentunya rumah itu butuh pondasi yang kuat, bentuk yang artistik, serta pembagian ruang yang sistematis bergantung kebutuhan. Tujuannya tentu saja untuk membuat penghuninya merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Sebagai sebuah rumah, ku bayangkan hatiku itu seperti Little House on the Prairie, kecil di tengah padang rumput yang luas. Leluasa untuk bergerak, namun hangat dan nyaman untuk berlindung saat badai menerjang. Aku tak suka rumah yang besar dan megah. Karena kemegahan sering kali tak mencerminkan kehangatan. Aku lebih memilih rumah mungil, tidak besar, dengan barang-barang yang sederhana saja tapi fungsional, ada sentuhan kerajinan tanganku pada setiap detail ruangnya karena aku senang memberikan sentuhan personal pada ruang yang kutempati. Dari rumah mungilku itu, ada satu bagian ruang tempatku menyendiri, tempat dimana aku bisa merenungi diriku, hidupku, asaku, sedihku, lukaku, seperti sudut lemari di masa kecilku, tempatku bersembunyi saat sedih dan gundah.

***

Pada kenyataannya, hatiku yang mungil, sederhana dan fungsional itu, tidak dihanya dihuni oleh diriku sendiri. Aku harus berbagi ruang dengan orang-orang yang melengkapi hidupku sesuai dengan fungsinya. Aku sempat membahas ini dengan beberapa temanku tentang pembagaian ruang hati. Bisakah hati itu dibagi, di kavling-kavling? Bagaimana menentukan ruang yang kemudian paling spesial dan biasa-biasa saja dalam hatiku? Siapa pula yang bisa jadi permanen residen atau penghuni sambil lalu?

Aku mulai berpikir tentang hati yang berkavling-kavling ini saat aku menyadari, bahwa dalam hidup ini aku tak bisa merasa sebagai satunya pemilik atas apapun di dunia ini. Aku mesti bisa merelakan ketika yang kupikir aku miliki itu hilang pergi dari diriku dan memaknai apa yang masih ada dalam diriku. Hatiku itu sesungguhnya perlu terus menerus mengalami revitalisasi fungsi, seperti sebuah bangungan bersejarah yang fungsinya perlu terus menerus di perbaharui untuk mengikuti pergerakan waktu, tanpa kehilangan karakter dan kepribadiannya.

Untuk sampai pada kesadaran itu, aku pernah sangat sibuk menjaga kamar-kamar hatiku yang telah kosong itu untuk tidak dimasuki oleh yang lain. Karena aku tak ingin jejak penghuni lamanya hilang begitu saja. Seolah-olah aku tak mau mengubah posisi apapun dalam ruang itu karena aku tak ingin jejak penghuni lamanya hilang. Sampai akhirnya aku membiarkan kamar itu kosong, berdebu, penuh sawang dan akhirnya berhantu. Karena ternyata untuk merawat ruang kosong itu seperti layaknya sebuah museum, aku juga ga punya cukup sumber daya.

Akhirnya penghuni lama lantas tak hanya saja menyimpan jejak dirinya dalam kenangannya disitu, tapi kemudian jejaknya kubiarkan menjadi hantu dalam hidupku. Lalu aku menjadi sibuk bergelut dengan ketakutan-ketakutanku menghadapi hantu-hantu kamar penghuni kavling-kavling hatiku itu. Parahnya lagi, kesibukan dengan para hantu kamar itu, membuatku lupa pada para penghuni lain yang masih tinggal atau penghuni baru yang membutuhkan ruang di hatiku yang sesungguhnya bisa ku persilahkan masuk.

Ketika sampai pada kesadaran bahwa hantu-hantu itu tak bisa selamanya mengganggu hidupku, kamar-kamar kosong itu mesti ku bereskan dan kutata ulang. Difungsikan kembali sesuai dengan konteks dan kebutuhan, berusaha membuat nyaman penghuni-penghuni lain yang selama ini tinggal dan juga membuka kemungkinan bagi penghuni baru untuk masuk.

Lantas hantu-hantu itu mungkin tidak sepenuhnya pergi. Ia menetap di ruangnya, melesap dalam pori-pori tembok kamar hatiku. Memberi aura dan menciptakan ambiance yang khas ketika penghuni baru masuk dalam kamar itu. Hawa penghuni lama yang lambat laun akan bercampur dengan hawa penghuni baru, karena tak ada hawa yang benar-benar steril. Yang menyesuaikan diri bukan cuma aku si pemilik hati, tapi juga para penghuninya tentu saja. Meski ruangannya di tata ulang, tapi biasakan jika ada foto-foto penghuni lama masih tergantung di didingnya. Foto yang kadang sengaja dipajang untuk menyimpan jejak bahwa sebelumnya ruang itu pernah ada penghuninya. Seperti menghuni bangungan tua yang menyimpan banyak cerita dan kisah, mesti siap menerima kesejarahan termasuk juga hantu-hantunya.

***

Dan sekarang rumah hatiku itu sedang mengalami revitalisasi. Ada gempa beberapa waktu lalu yang membuat bangun hatiku berantakan. Proses rekronstruksi di atas pondasi baru telah dilakukan. Rumah baruku itu sudah selesai dibangun. Namun aku merasa rumah baruku itu kering dan sepi. Banyak jejak yang kemudian terhapus. Aku butuh kisah baru, lembar baru dan chapter baru di rumah baru. Biar rongga pori-porinya terisi oleh hawa penghuni baru di antara hawa-hawa penghuni lama yang samar-samar tersisa. Jejak foto-foto lama yang tersisa yang terkais dari reruntuhan bekas gempa lalu tentunya tetap kan kupajang dengan bingkai yang baru, karena bingkai lama sudah tak sesuai lagi dengan betuk bangunan baru.

Semua kemudian terasa baru..
hatiku itu...
caraku melihatnya..
caraku merasakannya..
caraku memaknainya..
caraku dengan para penghuninya..
hati baru.. cara baru..
semoga ada kenyamanan baru di dalamnya..
selamat datang hatiku yang baru..

aceh 56

Comments

Anonymous said…
Menurut saya hati itu terkadang tak sekedar kamar-kamar, mbak, namun juga penuh lika-liku bak labirin yang panjang. Masalah yang datang kadang membuat hati kita seakan tersendat, tak tentu arah, bahkan menjumpai jalan buntu, sulit mencari jalan keluar.

Popular posts from this blog

“Rethinking Cool” Gaya Anak Muda Bandung

pic by egga Tak sengaja, suatu siang, saya mendengar percakapan dalam bahasa Sunda dua orang anak laki-laki berseragam SMP di angkot Cihaheum-Ledeng, dalam perjalanan ke tempat kerja saya. “Maneh geus meuli sendal 347 can?” pertanyaan dalam bahasa sunda yang artinya: ‘kamu sudah beli sendal 347 belum? ‘, mengusik saya. Secara reflek, saya memandang si penanya yang duduk di hadapan saya. Ketika memandang mimik mukanya yang berapi-api, mata saya terpaut pada ransel sekolah yang ada dipangkuannya, merek 347, menghiasi ransel berwarna biru tua itu. Temannya yang duduk di sebelah saya menjawab: “acan euy, ku naon aya nu anyar?’ (belum, kenapa ada yang baru?) . Anak SMP yang duduk di hadapan saya itu setengah memarahi temannya: “Payah siah, meuli atuh meh gaul!” (payah kamu, beli dong biar gaul). Saya kaget, sekaligus geli dengan dua orang anak SMP itu. Kegelian saya bukan karena ekspresi mereka, tapi bayangan dandhy yang tiba-tiba muncul di kepala saya. Teman saya, si pemilik clothing la...

Berumur Tigapuluh Sekian

Pic: tara mcpherson Biasanya memasuki umur 30 untuk seorang perempuan lajang akan menghadapi kepanikan-kepanikan ga perlu. Kalaupun kepanikan itu datangnya bukan dari perempuan yang bersangkutan, datangnya dari linkungan sekitarnya: keluarga, teman-teman, tempat kerja. Apalagi yang bisa membuat panik selain soal pasangan. Lingkungan sosial biasanya memang lebih mengkawatirkan soal pasangan ini daripada masalah kontribusi sosial sang perempuan terhadap lingkungannya. Ga punya karir yang jelas juga ga papa yang penting kamu punya pasangan. Dan setelah menemukannya, segeralah menikah. Begitulah nasib sebagian (besar) perempuan yang memasuki dan menjalani usia 30 sekian ini. Seorang baru-baru ini disinisi keluarganya ketika ia menolak lamaran seorang pria. Usia temanku, 34 tahun dan menjomblo beberapa tahun terakhir setelah putus dari pacarnya. "Udah 34 tahun kok masih bisa nolak cowo," begitu kira-kira komentar sinis keluarganya yang lebih panik daripada temanku sendiri. Sementa...

Mencintai Lelaki Beristri

Foto karya Roy Voragen Satu hal yang harus kamu pahami, ketika berhubungan dengan lelaki beristri, kamu harus rela. Rela menjadi nomer kesekian. Rela menjadi bukan prioritas. Rela menerima sisihan waktu. Rela menerima label pengganggu rumah tangga orang lain. Rela memberi maaf atas semua alasan yang harus kau terima, saat si lelaki itu tak bisa menepati banyak hal yang ia janjikan padamu. Rela atas banyak hal. Rela atas semua resiko, ketika kau tau, lelaki yang kau cintai adalah lelaki dengan status NOT AVAILABLE alias Suami orang, alias bapaknya anak-anaknya. Tentunya kau akan dituduh cari gara-gara, cari penyakit, parahnya perempuan ga bener, perempuan gatal, ketika kau lebih memilih mencintai lelaki beristri daripada lelaki lajang untuk kau kencani. Tapi kau juga bisa membela diri, siapa yang bisa melarang perasaan cinta yang datang? Kerelaan ini, termasuk juga ketidak pahaman lingkungan ketika dalam hubungan itu,ketika kau berusaha keras menjaga dengan susah payah batas terjauh dar...