Skip to main content

Kacamata Baru

Foto by tarlen

Rasanya kaya baru ganti kacamata baru, karena ukurannya berubah. Biasanya beberapa hari akan terasa 'kleyeng-kleyeng' kaya juling, karena mata perlu membiasakan diri dengan ukuran baru untuk bisa melihat dengan jelas dan nyaman. Apalagi kalo ada lonjakan ukuran, misal dari minus 1 langsung loncat jadi minus 3 dan pake tambahan silindris lagi..butuh penyesuaian yang rada lama sampai mata bisa nyaman dengan kacamata baru itu.

Memang yang dilihat jadi berubah ya? mungkin objek yang terlihat sebenernya sama aja. Cuma karena kacamatanya ukuran baru, hal-hal yang dulu ga terlihat jadi kelihatan dan jadi lebih jelas juga fokus. Cara ngeliatnya yang berubah dan ternyata untuk bisa mensinkronkan dengan pikiran juga butuh waktu. Semua objek yang kemudian jadi terlihat atau menjadi lebih jelas, butuh waktu buat pikiran mencernanya. Pertanyaan menjadi datang bertubi-tubi sebagai bagian dari mengenali lagi objek2 yang ga terlihat itu atau ga fokus sebelumnya. Kenapa gini, kenapa gitu? Kok dia disini ya? kok berantakan banget ya keliatannya? Kok langit jadi lebih indah ya? kok..? kok..? sampai akhirnya semua pertanyaan itu menghilang dengan sendirinya seiring dengan perasaan mata yang mulai nyaman dengan ukuran kacamata yang baru yang dan pikiran pun telah menyesuaikan dengan perubahan pengelihatan itu.

***

Setiap kepulangan dari sebuah perjalanan jauh dan penting, rasanya seperti memakai kacamata dengan ukuran yang baru itu. Semua terlihat berbeda. Bukan objeknya yang berubah, tapi kejelasan, kejernihan, ketajamanan dan fokus pengelihatan yang berubah. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan cara melihat yang baru itu. Jika kacamata berukuran baru itu menjadi ukuran yang tepat dengan kondisi mata kita sekarang, penyesuaian itu ga btutuh waktu yang terlalu lama. Merasa juling sebentar, kemudian setelah mata dan pikiran sinkron, perasaan nyaman segera muncul.

Namun ketika pengalaman perjalanan justru memberi kita ukuran kaca mata yang ga tepat dengan kondisi mata kita sekarang, bukan cuma merasa juling yang kita rasakan, tapi juga ketidak sinkronan yang cukup parah karena disertai dengan pusing dan mual. Rasanya ada yang mengganjal di mata. Semua yang dilihat jadi terasa ga nyaman terus menerus.

Makanya 'menemukan sebuah ukuran baru yang tepat untuk mata kita' setelah kepulangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Semua pertanyaan yang muncul untuk membantu mengenali lagi objek dari cara pandang yang baru itu, menjadi panduan yang fleksibel sebagai proses sinkronisasi antara ukuran dan kondisi pengelihatan yang baru.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu memang ga butuh jawaban yang sama sekali baru, karena pada dasarnya pertanyaan-pertanyaan itu adalah pertanyaan sama yang pernah kita tanyakan sebelumnya. Mungkin memang bukan jawaban yang kita cari, tapi hanya rasa yang berbeda ketika melihat kembali jawaban-jawaban yang sudah ada itu lewat kacamata berukuran baru itu. Lalu rasa itulah kemudian memperkaya rasa yang sudah ada.

Setelah sebulan kembali ke rumah..
terima kasih untukmu yang telah bersabar dengan semua hiruk pikuk kejulingan sementara setelah memakai kaca mata baru itu.. meski aku melihatmu berbeda sekarang, tapi itu tak mengubah perasaanku sama kamu... you're always special...:*

Comments

Hilda Perdana said…
Walaupun saya blm pernah pake kacamata minus, tapi saya bisa merasakannya. Mungkin janggal ya melihat keadaan yang seperti biasa tapi terlihat tidak biasa. Tp kalo udah sampe rumah, orang2 pasti memahaminya.
btw nice blog. First visit.

Popular posts from this blog

Menjadi Penjilid dan Perjalanan Menemukan Fokus

Playing The Building, foto vitarlenology 2008 Suatu hari, ketika berkunjung untuk pertama kalinya ke markas besar Etsy, di Brooklyn, NYC, tahun 2008, Vanessa Bertonzi yang saat itu bekerja sebagai humasnya Etsy, bertanya padaku "Setelah pulang dari Amerika, apa yang akan kamu lakukan?" Saat itu spontan aku menjawab, "Aku mau jadi desainer stationery." Padahal, aku belum sekalipun punya pengalaman ikut kelas menjilid buku atau hal-hal yang sifatnya mengasah keterampilanku menjilid buku.  Jawabanku lebih didasarkan pada kesukaanku akan stationery terutama sekali notebook dan alat-alat tulis. Desain Stationery seperti apa yang ingin aku buat, itupun masih kabur. Namun rupanya, jawabanku itu seperti mantra untuk diriku sendiri dan patok yang ditancapkan, bahwa perjalanan fokusku dimulai dari situ. Menemukan kelas book binding di Etsy Lab pada saat itu, seperti terminal awal yang akhirnya membawaku menelusuri ‘book binding’ sebagai fokus yang ingin aku dalami. Pert...

Ketika Menjadi Aktivis Adalah Hobi

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Pro Aktif Online Hobi seperti apakah yang cocok untuk para aktivis? Pertanyaan ini muncul ketika saya diminta menulis soal hobi untuk para aktivis untuk laman ini. Saya kira, siapa pun, dari latar belakang apapun, baik aktivis maupun bukan, bisa bebas memilih hobi untuk dijalaninya. Karena hobi adalah pilihan bebas. Ia menjadi aktivitas yang dikerjakan dengan senang hati di waktu luang. Apapun bentuk kegiatannya, selama aktivitas itu bisa memberikan kesenangan bisa disebut hobi.  Sebelum membicarakan bagaimanakah hobi untuk para aktivis ini, saya akan terlebih dahulu membicarakan soal hobi, terutama yang hobi yang merupakan keterampilan tangan. Selain memberikan kesenangan, aktivitas ini bisa melatih kemampuan motorik dan keahlian dalam membuat sesuatu. Misalnya saja menjahit, merajut, automotif, pertukangan, apapun kegiatan yang membutuhkan keterampilan tangan.  Banyak orang merasa, aktivitas ini terlalu merepotkan untuk dilakukan,...

Craftivism: The Art of Craft and Activism

Bahagia sekaligus bangga, bisa terpilih untuk memberikan kontribusi tulisan pada buku tentang craftivism ini. Sementara aku pasang review dan endorsment terlebih dahulu. Untuk resensinya akan aku publikasikan dalam terbitan yang berbeda.  ------ Editor Betsy Greer Arsenal Pupl Press Craftivism is a worldwide movement that operates at the intersection of craft and activism; Craftivism the book is full of inspiration for crafters who want to create works that add to the greater good. In these essays, interviews, and images, craftivists from four continents reveal how they are changing the world with their art. Through examples that range from community embroidery projects, stitching in prisons, revolutionary ceramics, AIDS activism, yarn bombing, and crafts that facilitate personal growth, Craftivism provides imaginative examples of how crafters can be creative and altruistic at the same time. Artists profiled in the book are from the US, Canada, the UK...