Skip to main content

Eliminasi


Rumah kawin di Tangerang, foto oleh vitarlenology, 2005

Ternyata proses eliminasi itu ga hanya di ajang idol-idolan aja. Dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak, hidup sering membawaku pada proses eliminasi ini. Kadang posisiku sebagai 'juri' yang mengeliminasi, kadang sebagai 'peserta yang tereliminasi dan ga jarang bisa dua-duanya sekaligus: sebagai yang mengeliminasi sekaligus yang tereliminasi. 

Ketika mengelola ruang seperti tobucil, proses eliminasi ini menjadi hal yag lumrah terjadi. Proses eliminasi menjadi bagian dari dinamika komunitas. Ada yang bertahan dan ada yang tersingkir. Ada yang datang, ada pula yang pergi. Jika dalam kontes 'idol' eliminasi bertujuan untuk mencapai posisi nomer satu, dalam sebuah komunitas seperti tobucil, eliminasi justru bertujuan untuk tetap pada tujuan komunitas itu sendiri, meskipun tujuan dari sebuah komunitas itu bergerak maju seperti cakrawala dan bukan sebuah titik di ujung sebuah puncak seperti halnya gelar idol. 

Tujuan sebuah komunitas, meski mulanya ditetapkan oleh penggagasnya, namun mengandung keleluasaan untuk ditafsir para penggiatnya. Tafsiran itu bisa memperkuat, namun bisa juga melemahkan tujuan. Lalu apakah ini berarti proses elimini dalam sebuah ruang seperti tobucil adalah proses menseleksi penafsiran atas tujuan? Kupikir, memang seperti itu. Ruang seperti tobucil selalu memiliki rentang batas antara penfasiran tujuan yang paling dekat dan yang paling jauh. Sampai seberapa akurat penafsiran itu bisa ditolelir. Tujuan menjadi batas antara rentang terjauh dan terdekat sekaligus. 

Sampai titik ini penjelasanku mungkin masih terlalu abstrak. Mari kita perjelas. Dengan berpegang pada prinsip 'tidak semua orang harus setuju dengan apa yang kita lakukan'' setiap hal yang terjadi di ruang Komunitas seperti tobucil mengandung resiko pro dan kontra. Orang bisa setuju dengan program-program yang ada di tobucil atau tidak setuju sama sekali. Pada titik ini, eliminasi tahap awal berlaku. Yang setuju dia akan bergabung dan yang tidak setuju dengan program yang ditawarkan tobucil, tentu saja dia tidak akan bergabung. Orang-orang yang bergabung dan setuju ini, kemudian menjalani serangkaian pengalaman melalui cara mengalami yang ditawarkan oleh tobucil. 

Bahwa misalnya ketika orang setuju dengan program filsafat yang tujuannya adalah membumikan filsafat, kemudian cara yang ditawarkan adalah membicarakan tema-tema keseharian, menjadikan pertemuan ini ramah terhadap orang-orang yang awam terhadap filsafat dan membuat pemikiran-pemikiran sederhana mendapatkan apresiasi. Setelah tujuan teralami melalui cara yang ditawarkan, orang-orang yang berpartisipasi di klab filsafat, kemudian bisa menilai, apakah memang cara mengalami seperti itukah yang ia kehendaki untuk mencapai tujuan dari klab filsafat tersebut? 

Pada titik ini, eliminasi tahap dua, berlaku. Yang setuju dengan cara mencapai tujuan seperti yang ditawarkan, dia akan bertahan. Sementara yang ga setuju dengan cara seperti itu, dia akan tereliminasi. Setelah tujuan disepakati, cara di sepakati, biasanya eliminasi akan masuk pada persoalan-persoalan yang lebih mikro: friksi di antara penggiat, kebosanan dan perasaan mandeg karena ketika semakin berusaha mendekati tujuan, tujuannya sendiri malah semakin menjauh.  

Eliminasi berikutnya adalah memperbaharui tujuan, melihatnya dengan perspektif baru. Biasanya orang-orang yang bertahan akan kembali mengalami proses eliminasi. Sebagian akan merasa menemukan kebaruan cara pandang itu penting untuk mencapai tujuan, namun sebagian bisa tidak setuju dan tetap bertahan pada cara pandang lama. Proses eliminasi pada titik ini seperti penawaran untung dan rugi. Setiap pihak menawarkan untung dan ruginya dengan pandangan masing-masing. Para pendukung tinggal memilih. Lalu siapa yang paling banyak dukungan dialah yang bisa melaju terus, yang tidak bisa silahkan memilih jalannya sendiri. 

***

Begitulah terus. Eliminasi lantas menjadi proses keseimbangan yang harus di jalani. Tidak pernah ada keseimbangan yang statis. Titik statis itu hanya bisa terjadi sepersekian detik dari pergerakan dan proses yang berlangsung terus menerus, setelah itu eliminasi akan kembali meneruskan kembali prosesnya. Kapan berhentinya kalau begitu? sampai ada pihak yang mengetok palu bahwa komunitas (tobucil) misalnya resmi di bubarkan. Selama masih berjalan, proses eliminasi akan jadi bagian dari perjalanan dan dinamika komunitas yang bersangkutan. Sepahit atau semanis apapun prosesnya, proses eliminasi akan selalu memberikan banyak pembelajaran dan membantu sebuah komunitas melihat kembali perjalanannya untuk mencapai tujuan.

Aceh 56 
15:37

Comments

dede said…
i like post
:)

Popular posts from this blog

Menjadi Penjilid dan Perjalanan Menemukan Fokus

Playing The Building, foto vitarlenology 2008 Suatu hari, ketika berkunjung untuk pertama kalinya ke markas besar Etsy, di Brooklyn, NYC, tahun 2008, Vanessa Bertonzi yang saat itu bekerja sebagai humasnya Etsy, bertanya padaku "Setelah pulang dari Amerika, apa yang akan kamu lakukan?" Saat itu spontan aku menjawab, "Aku mau jadi desainer stationery." Padahal, aku belum sekalipun punya pengalaman ikut kelas menjilid buku atau hal-hal yang sifatnya mengasah keterampilanku menjilid buku.  Jawabanku lebih didasarkan pada kesukaanku akan stationery terutama sekali notebook dan alat-alat tulis. Desain Stationery seperti apa yang ingin aku buat, itupun masih kabur. Namun rupanya, jawabanku itu seperti mantra untuk diriku sendiri dan patok yang ditancapkan, bahwa perjalanan fokusku dimulai dari situ. Menemukan kelas book binding di Etsy Lab pada saat itu, seperti terminal awal yang akhirnya membawaku menelusuri ‘book binding’ sebagai fokus yang ingin aku dalami. Pert...

Ketika Menjadi Aktivis Adalah Hobi

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Pro Aktif Online Hobi seperti apakah yang cocok untuk para aktivis? Pertanyaan ini muncul ketika saya diminta menulis soal hobi untuk para aktivis untuk laman ini. Saya kira, siapa pun, dari latar belakang apapun, baik aktivis maupun bukan, bisa bebas memilih hobi untuk dijalaninya. Karena hobi adalah pilihan bebas. Ia menjadi aktivitas yang dikerjakan dengan senang hati di waktu luang. Apapun bentuk kegiatannya, selama aktivitas itu bisa memberikan kesenangan bisa disebut hobi.  Sebelum membicarakan bagaimanakah hobi untuk para aktivis ini, saya akan terlebih dahulu membicarakan soal hobi, terutama yang hobi yang merupakan keterampilan tangan. Selain memberikan kesenangan, aktivitas ini bisa melatih kemampuan motorik dan keahlian dalam membuat sesuatu. Misalnya saja menjahit, merajut, automotif, pertukangan, apapun kegiatan yang membutuhkan keterampilan tangan.  Banyak orang merasa, aktivitas ini terlalu merepotkan untuk dilakukan,...

Craftivism: The Art of Craft and Activism

Bahagia sekaligus bangga, bisa terpilih untuk memberikan kontribusi tulisan pada buku tentang craftivism ini. Sementara aku pasang review dan endorsment terlebih dahulu. Untuk resensinya akan aku publikasikan dalam terbitan yang berbeda.  ------ Editor Betsy Greer Arsenal Pupl Press Craftivism is a worldwide movement that operates at the intersection of craft and activism; Craftivism the book is full of inspiration for crafters who want to create works that add to the greater good. In these essays, interviews, and images, craftivists from four continents reveal how they are changing the world with their art. Through examples that range from community embroidery projects, stitching in prisons, revolutionary ceramics, AIDS activism, yarn bombing, and crafts that facilitate personal growth, Craftivism provides imaginative examples of how crafters can be creative and altruistic at the same time. Artists profiled in the book are from the US, Canada, the UK...