Skip to main content

Searching for Sugar Man (2012): Perjalanan Menemukan Rodriguez

dokumenter musik * * * * *
Sutradara:  

Searching for Sugar Man (2012) adalah film dokumenter yang membuatku 'WOW!!' di akhir film. WOW!!  karena heran, takjub sekaligus sulit untuk percaya, bahwa ada manusia dengan kisah hidup seperti Rodriguez di dunia ini. Berawal dari rasa penasaran Stephen 'Sugar' Segerman seorang penggemar fanatik dan Craig Bartholomew Strydom, jurnalis musik atas rumor kematian musisi idola mereka yang bernama Rodriguez_ seorang musisi ballad dari era 70an asal Amerika yang begitu terkenal di Afrika Selatan. Selama ini lagu-lagu Rodriguez di album Cold Fact, menjadi lagu wajib perjuangan para penentang politik Apartheid di Afrika Selatan. Mungkin kalau di Indonesia lagu-lagu Rodriguez di Aftika Selatan seperti lagu-lagunya Iwan Fals di masa Orde Baru.

Namun siapakah Rodriguez ini? Sosoknya begitu misterius. Sepanjang karirnya sebagai musisi, hampir tidak pernah ada pemberitaan tentang Rodriguez. Album Cold Fact hanya terjual 50 keping saja. Padahal produsernya menyebut-nyebut musik Rodriguez jauh baik dari Marvin Gaye sekalipun. Selebihnya tak ada yang tau asal-usul dan kisah kehidupan penyanyi ini, selain bahwa Rodriguez berasal dari Amerika Serikat. Misteri inilah yang membuat, banyak orang berspekulasi tentang siapa Rodriguez. Para penggemarnya menyakini gambaran sosok Rodriguez, justru dari lirik-lirik lagunya, karena inilah sumber tertulis satu-satunya yang bisa ditemukan dan ditafsir. Salah satu lagunya, menceritakan tentang seorang penyanyi yang merasa gagal lalu bunuh diri setelah konser pertamanya. Lirik ini membuat penggemarnya berkeyakinan bahwa Rodriguez sudah mati.

Sebagai jurnalis Craig melakukan penelusuran untuk memecahkan misteri Rodriguez. Jika benar Rodriguez telah mati, Craig ingin mengetahui, dimanakah kuburnya. Mulailah Craig menelusuri setiap tempat yang pernah disebut Rodriguez dalam lagunya. Craig sempat melacak Rodriguez sampai London, Amsterdam, New York,  di lokasi yang disebut-sebut Rodriguez dalam lagunya. Sampai-sampai Craig memasang iklan mencari Rodriguez di kotak susu. Namun sia-sia. Tak ada orang yang tau mengenai keberadaan penyanyi bernama lengkap Sixto Diaz Rodriguez ini. Ketika hampir menyerah, Craig justru menemukan sebuah daerah bernama Deerborn di pinggiran Detroit yang luput dari perhatiannya. Pergilah Craig kesana dan bertemulah ia dengan beberapa produser rekaman yang terlibat dalam penggarapan album Rodriguez.

Di belahan dunia yang lain_Afrika Selatan, Stephen Segerman sebagai pengelola situs dan forum para penggemar Rodriguez, mendapatkan kejutan yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Eva Rodriguez, anak perempuan Rodriguez, tak sengaja menemukan situs yang dikelola Stephen dan terkaget-kaget dengan berita 'rumor' tentang kematian ayahnya. Eva pun menghungi Stephen, menjelaskan bahwa rumor itu tidak benar. Ayahnya masih hidup, tinggal di Detroit dan baik-baik saja.

Craig pun mendapatkan kabar yang sama seperti yang diterima Stephen dari salah satu produser yang mengatakan Rodriguez masih hidup, tidak lagi bekerja sebagai musisi tapi sebagai kontraktor yang melayani pembongkaran bangunan tua, sebelum di ratakan dan dibangun kembali. Kehidupannya begitu sederhana bahkan bisa dikatakan hidup dalam kemiskinan.

Setelah terhubung dengan Rodriguez, Stephen mengorganisir konser pertama Rodriguez di Afrika Selatan dengan penonton puluhan ribu penonton pada tahun 1998. Tiket konser terjual habis. Penggemarnya tak sabar ingin menyaksikan langsung idola mereka. Sementara Rodriguez tidak pernah membayangkan seperti apa apresiasi penggemarnya di Afrika Selatan. Saat Rodriguez muncul di panggung, penggemarnya dari beberapa generasi itu, seperti melihat idola mereka bangkit dari kubur. Rodriguez bahkan mendapatkan penghargaan Platinum untuk penjualan album Cold Fact  di Afrika Selatan.



Rodriguez tidak pernah menyangka bahwa lagu dan sosoknya sedemikian besar di Afrika Selatan. Bahkan pemerintahan apartheid sempat melarang beberapa lagu Rodriguez karena dianggap dapat mendorong tindakan subversif (seperti lagu-lagu Iwan Fals di masa Orde Baru). Jauh di wilayah suburban Detroit, penyanyi berdarah Mexico ini, menganggap karirnya di bidang musik sudah tamat, bersamaan dengan dua albumnya yang dianggap gagal. Rodiguez memutuskan untuk melanjutkan kehidupannya seperti halnya kelas pekerja di Detroit lainnya. Bekerja keras untuk kelangsungan hidup keluarganya. Ia bahkan hampir tidak pernah membicarakan soal kehidupannya sebagai musisi pada anak-anaknya. Di kalangan rekan kerjanya, Rodriguez dikenal sebagai sosok yang sangat membumi dan pekerja keras. Ia aktif terlibat dalam perjuangan serikat pekerja dan minoritas latin di lingkungannya. Rodriguez bahkan sempat mencalonkan diri sebagai walikota dengan tujuan menjadi wakil yang menyuarakan hak-hak kelas pekerja dan minoritas. Rodriguez juga mendidik ketiga putrinya dengan mengutamakan pendidikan dan memperkenalkan anak-anak mereka pada seni sejak kecil.

Setelah dokumenter ini beredar dan menjadi salah satu nominasi dokumenter terbaik Academy Award 2013, tiba-tiba saja publik Amerika tersadar akan kehadiran superstar yang 'tersembunyi' selama lebih dari 40 tahun. Seiring dengan banyaknya penghargaan untuk dokumenter ini dan review yang positif dari media-media besar Amerika seperti The New York Times, The Rolling Stones Magazine, sosok Rodriguez muncul ke permukaan  dan musiknya mendapatkan apresiasi luas dari publik Amerika. Kini Rodriguez seperti menjalani dua kehidupan yang sangat berbeda satu sama lain: musisi yang tiba-tiba mendapat sorotan luas dan seorang pekerja konstruksi yang memilih tetap tinggal di rumah sederhana  yang telah ia tempati selama 40 tahun terakhir. Kesuksesan materi yang tiba-tiba datang padanya, tak membuatnya silau dan kehilangan pegangan atau mendadak jadi OKB! (Orang Kaya Baru). Rodriguez  membuktikan bahwa kesuksesan itu perkara mental dan bagi Rodriguez butuh 40 tahun lebih untuk mempersiapkan mentalitas sukses itu.



"Musicians want to be heard. So I’m not hiding. But I do like to leave it there onstage and be myself, in that sense. Because some people carry it with them."  Rodriguez -Rolling Stone

Comments

Popular posts from this blog

Hujan Semalam di Malaysia, Banjir Sebulan di Sembakung*

Foto oleh tarlen Creative Commons Tulisan ini adalah catatan penelitan lapangan yang dibuat untuk Yayasan Interseksi. Tarlen Handayani adalah anggota Tim Peneliti Hak Minoritas dan Multikulturalisme di kawasan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur Sembakung. Sebuah tempat yang sama sekali asing dan saya putuskan sebagai tujuan dari penelitian ini, saat sampai di Nunukan, Kalimantan Timur. Dari rencana semula, wilayah penelitian saya adalah Kepulauan Mentawai, tepatnya di Siberut. Namun, saat workshop persiapan sebelum berangkat ke lapangan, tempat penelitan sepakat di pindah ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur atas pertimbangan beberapa informasi, bahwa Siberut terancam tsunami. Saya menyepakati kepindahan lokasi itu, meski berarti saya harus mempersiapkan semuanya lagi dari awal. Salah satu mentor workshop, Dave Lumenta , memberikan rekomendasi beberapa daerah di sekitar Kecam

“Rethinking Cool” Gaya Anak Muda Bandung

pic by egga Tak sengaja, suatu siang, saya mendengar percakapan dalam bahasa Sunda dua orang anak laki-laki berseragam SMP di angkot Cihaheum-Ledeng, dalam perjalanan ke tempat kerja saya. “Maneh geus meuli sendal 347 can?” pertanyaan dalam bahasa sunda yang artinya: ‘kamu sudah beli sendal 347 belum? ‘, mengusik saya. Secara reflek, saya memandang si penanya yang duduk di hadapan saya. Ketika memandang mimik mukanya yang berapi-api, mata saya terpaut pada ransel sekolah yang ada dipangkuannya, merek 347, menghiasi ransel berwarna biru tua itu. Temannya yang duduk di sebelah saya menjawab: “acan euy, ku naon aya nu anyar?’ (belum, kenapa ada yang baru?) . Anak SMP yang duduk di hadapan saya itu setengah memarahi temannya: “Payah siah, meuli atuh meh gaul!” (payah kamu, beli dong biar gaul). Saya kaget, sekaligus geli dengan dua orang anak SMP itu. Kegelian saya bukan karena ekspresi mereka, tapi bayangan dandhy yang tiba-tiba muncul di kepala saya. Teman saya, si pemilik clothing la

Menjadi Kecil Itu Pilihan

Tobucil jepretan Chandra Mirtamiharja Aku sering sekali di tanya, apakah suatu hari nanti tobucil akan menjadi tobusar alias toko buku besar? meski seringnya kujawab sambil bercanda, tapi aku serius ketika bilang, tobucil akan tetap menjadi tobucil. Karena tobucil tetap memilih menjadi kecil. Sebagaian yang mendengar jawabanku bisa menerima meski mungkin ga ngerti-ngerti amat dengan maksudku 'tetap menjadi kecil' , tapi sebagian lagi biasanya langsung protes dan merasa aneh dan menganggapku tidak punya cita-cita besar dan tidak mau mengambil resiko menjadi besar. Biasanya aku akan balik berkata pada mereka yang merasa aneh itu, 'memilih tetap kecil itu bukan pilihan yang mudah loh.' Mungkin ada teman-teman yang kemudian bertanya, 'mengapa menjadi kecil itu bukan pilihan yang mudah?' bukankan kecil  itu sepele, remeh dan sederhana? Ketika memulai sebuah usaha dari hal yang kecil, remeh dan sederhana, itu menjadi hal yang mudah dilakukan. Namun jika sebuah