Skip to main content

#nepaldiary Chitlang Dan Doa Berterima Ganesh Himal

sunset di Chitlang foto vitarlenology (simin)
Hari baru itu bisa dimulai dari bangun tidur, membuka jendela dan memandang hamparan perbukitan di sebuah daerah pegunungan di Nepal, bernama Chitlang. Hamparan hutan hijau, berpadu  bukit-bukit berundak-undak coklat, dan rumah-rumah tradisional Nepal tersusun rapi diantara undakan bukit, seperti foto pemandangan di kalender. Pada pandangan yang lain, kicau burung-burung lokal bertenger dan berterbangan dari satu pohon peach ke pohon peach yang lain, menari megisi lagu pagi dalam damai dan indahnya Chitlang. Hari menjadi benar-benar baru bagi orang asing sepertiku di tempat yang juga asing untukku. Kebaruan hari yang menambah kosa makna kata bahagia yang bisa datang dengan cara dan bentuk yang berbeda-beda.

Chitlang, menjadi bagian dari orientasi program volunteer yang menyenagkan, Jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh dari ibukota Nepal, Kathmandu_sekitar 27 KM. Namun jalanan yang harus ditempuh bukanlah jalan yang mudah. Dibutuhkan supir berpengalaman dan benar-benar handsl untuk bisa melintasi jalanan berbatu, tikungan tajam dan tanjakan serta turunan curam untuk bisa sampai di balik gunung dan mencapai Chitlang. Hebatnya, supir-supir jurusan Chitlang ini bisa  mengemudikan kendaraannya, melalui tikungan tajam, menggendalikan kemudi dengan satu tangan dan tangan satunya pegang telepon genggam dan konsetrasi dibagi dua antara memperhatikan jalan sambil sibuk bicara lewat telepon. Semua bisa ia lakukan bersama. LUAR BISA!

Ngomong-ngomong soal telepon genggam, aku sempet degdegan ketika dua orang penumpang orang Nepal yang duduk di sebelahku dari Kuala Lumpur - Kathmandu, tak henti-hentinya bicara lewat telpon genggamnya, bahkan sampai detik-detik saat pesawat akan tinggal landaspun, masih saja sibuk  menelepon, sampai-sampai kru pesawat harus membentak mereka untuk mematikan telponnya.
Dan yang membuatku tegang, mereka ga mematikan telpon genggamnya, hanya menaruhnya di saju dan saat pesawat di udara, sesekali mereka cek inbox smsnya. Waduh!!!! bener-bener bikin keringat
dingin. Kan konyol juga kalau terjadi kecelakaan pesawat karena kebandelan penumpang seperti itu. Amit-amit!

Kembali ke perjalanan Chitlang, setelah sampai ke puncak dan sebelum menuruni lembah ke tempat tujuan, sejauh mata memandang, ketika langit biru jenih, aku bisa memandang jajaran pegunungan Ganesh Himal yang masih rangkaian pegunungan Himalaya. Sebagian dari Ganesh Himal ini, masuk ke wilayah Tibet. Dan ini jadi bahagia yang lain, memandang jajaran Ganesh Himal sambil berdoa: "Ya Tuhan, terima kasih telah Engkau berikan aku kesempatan menatap bagian dari gunung tertinggi di dunia, yang menjadi bukti kuasa dan kebesaranMu, maka izinkan aku menitipkan doa dan kebahagiaanku untuk orang-orang yang aku kasihi. Sampaikan bahagiaku pada mereka, kabulkanlah doa dan harapan mereka, sebagaimana Engkau selalu mengabulkan doa dan harapanku.Amin."

Sampai di balai desa, kelompok sukarelawan dari berbagai negara termasuk aku salah satunya ini, disambut oleh Durga Didi, Amma (ibu) tetua desa yang menyematkan 'tika'  dan bunga selamat datang kepada semua tamu.Tika adalah tanda merah yang di tempelkan di jidat yang terbuat dari beras mentah dengan campuran bubuk berwarna merah. Dalam tradisi Hindu ini 'tika' menjadi semacam tanda pemberkatan sesuai dengan situasi dan kondisi. 'Tika selamat datang, menandakan. bahwa aku dipersilahkan dan diberkati sebagai tamu di Chitlang. Dan 'Tika' ini bukan hanya untuk orang asing saja, turis-turis lokal juga disambut dengan 'tika'.

Durga Didi, menyajikan hidangan makan siang menu khas Nepal: nasi (seperti nasi ketan), tumis sayur semacam saosin, sup yang berupa kuah kental seperti kacang hijau namun gurih, ayam bumbu tomat (perlu diingat sapi adalah binatang suci, tidak mungkin di hidangkan sebagai makanan di Nepal), tak lupa hidangan pencuci mulutnya irisan umbi seperti lobak tapi radanya manis dan renyah seperti bengkoang. Buatku yang ga terlalu suka masakan India, masakan Nepal, meski sangat dipengaruhi oleh makanan India, namun rasanya menurutku lebih 'mild'. Aku menduga-duga, jangan-
jangan karena Nepal lebih nyampur antara budaya Hindu dan Budhanya, jadi makananya juga mungkin yang  bisa diterima oleh lidah Hindu dan Budha, mungkin loh ya, baru dugaan seperti makanan Cina dan makanan peranakan di Indonesia, kan beda banget rasanya karena sudah tercampur pengaruh budaya lain. Dan aku jadi ingat dosen matakuliah Komunikai Antar Budaya, Prof. Dedi Mulyana, salah satu cara untuk bisa beradaptasi dengan cepat dengan budaya baru adalah lewat makanan. Kalau makanannya bisa diterima dengan baik, maka budayanya pun akan lebih mudah kita terima, dan begitu pula sebaliknya.

Daya tarik lain dari Chitlang adalah danau Indra Sarobar. Meski dapat ditempuh dengan kendaraan, namun rute 'trekking' lebih asyik untuk ditempuh. Mendaki bukit, menuruni lembah untuk sampai pada danau dengan latar pemandangan yang cantik, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Danau ini mengingatkanku pada situ patengan atau danau di kawah Gn Galunggung, Tipikal danau di pegunungan. Bedanya danau ini di bendung untuk pembangkit listrik. Sebagian kebutuhan listrik di Nepal dipenuhi lewat pembangkit listrik tenaga air .

Dan rasanya kurang lengkap jika sampai danau Indra Sarobar, tapi tidak berperahu ke seberang dan melindasi danau lewat jembatan gantung yang menghubungkan desa satu dengan lainnya yg terpisah oleh danau. Ujung jembatan langsung terhubung dengan desa. Untuk sampai ke balai pertemuan, aku harus jalan melintasi desa dan berpapasan dengan warga desa. Menyapa mereka dengan sapaan "Namaste" mejadi sopan-santun yang biasa dilakukan ketika saling berpapasan.

Saat matahari perlahan turun dan angin dingin Himalaya menyusup masuk ke pori-pori, keakraban antara sesama sukarelawan pun terbangun, Permainan-permainan yang menghangatkan malam, api unggun keakraban dan cerita-cerita hantu yang justru disambut gelak tawa, membangun rasa bersama bahwa kami: aku dan teman-teman sukarelawan dari belahan dunia yang berbeda ini, datang dengan keinginan yang sama: ingin berbagi.

Saat dingin semakin menggigit dan lelah menyergap, kehangatan rumah Durga Didi menaungi malam di Chitlang yang mungkin hanya ku alami sekali saja sepanjang hidupku. Saat terbangun esok, aku kosa makna baru tentang  kebahagiaan istimewaku yang datang dalam bentuk yang berbeda-beda.

'Indahnya hidupmu..'
'Di bikin indah dong..'
'Hidupku indah oleh hal lain..!'

Ya, hidupmu, hidupku, hidup kita, menyimpan keindahan masing-masing. Berterima pada hidup, lalu temukan keindahannya.

Peace Guest House Katmandhu, 16 Maret 2013



Comments

Evi Sri Rezeki said…
berbagi merupakan petualangan yang menyenangkan ^_^
rambutkriwil said…
Danau yang indah, pemandangan yg terasa mendamaikan. Aaaa wish to be there!!!

Popular posts from this blog

Hujan Semalam di Malaysia, Banjir Sebulan di Sembakung*

Foto oleh tarlen Creative Commons Tulisan ini adalah catatan penelitan lapangan yang dibuat untuk Yayasan Interseksi. Tarlen Handayani adalah anggota Tim Peneliti Hak Minoritas dan Multikulturalisme di kawasan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur Sembakung. Sebuah tempat yang sama sekali asing dan saya putuskan sebagai tujuan dari penelitian ini, saat sampai di Nunukan, Kalimantan Timur. Dari rencana semula, wilayah penelitian saya adalah Kepulauan Mentawai, tepatnya di Siberut. Namun, saat workshop persiapan sebelum berangkat ke lapangan, tempat penelitan sepakat di pindah ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur atas pertimbangan beberapa informasi, bahwa Siberut terancam tsunami. Saya menyepakati kepindahan lokasi itu, meski berarti saya harus mempersiapkan semuanya lagi dari awal. Salah satu mentor workshop, Dave Lumenta , memberikan rekomendasi beberapa daerah di sekitar Kecam

“Rethinking Cool” Gaya Anak Muda Bandung

pic by egga Tak sengaja, suatu siang, saya mendengar percakapan dalam bahasa Sunda dua orang anak laki-laki berseragam SMP di angkot Cihaheum-Ledeng, dalam perjalanan ke tempat kerja saya. “Maneh geus meuli sendal 347 can?” pertanyaan dalam bahasa sunda yang artinya: ‘kamu sudah beli sendal 347 belum? ‘, mengusik saya. Secara reflek, saya memandang si penanya yang duduk di hadapan saya. Ketika memandang mimik mukanya yang berapi-api, mata saya terpaut pada ransel sekolah yang ada dipangkuannya, merek 347, menghiasi ransel berwarna biru tua itu. Temannya yang duduk di sebelah saya menjawab: “acan euy, ku naon aya nu anyar?’ (belum, kenapa ada yang baru?) . Anak SMP yang duduk di hadapan saya itu setengah memarahi temannya: “Payah siah, meuli atuh meh gaul!” (payah kamu, beli dong biar gaul). Saya kaget, sekaligus geli dengan dua orang anak SMP itu. Kegelian saya bukan karena ekspresi mereka, tapi bayangan dandhy yang tiba-tiba muncul di kepala saya. Teman saya, si pemilik clothing la

Menjadi Kecil Itu Pilihan

Tobucil jepretan Chandra Mirtamiharja Aku sering sekali di tanya, apakah suatu hari nanti tobucil akan menjadi tobusar alias toko buku besar? meski seringnya kujawab sambil bercanda, tapi aku serius ketika bilang, tobucil akan tetap menjadi tobucil. Karena tobucil tetap memilih menjadi kecil. Sebagaian yang mendengar jawabanku bisa menerima meski mungkin ga ngerti-ngerti amat dengan maksudku 'tetap menjadi kecil' , tapi sebagian lagi biasanya langsung protes dan merasa aneh dan menganggapku tidak punya cita-cita besar dan tidak mau mengambil resiko menjadi besar. Biasanya aku akan balik berkata pada mereka yang merasa aneh itu, 'memilih tetap kecil itu bukan pilihan yang mudah loh.' Mungkin ada teman-teman yang kemudian bertanya, 'mengapa menjadi kecil itu bukan pilihan yang mudah?' bukankan kecil  itu sepele, remeh dan sederhana? Ketika memulai sebuah usaha dari hal yang kecil, remeh dan sederhana, itu menjadi hal yang mudah dilakukan. Namun jika sebuah