Skip to main content

Dari Komunitas, Kembali Ke Komunitas

Tulisan ini dipublikasikan di halaman Teropong Pikiran Rakyat, 7 April 2014. Tulisan yang dipublikasikan di blog ini adalah versi sebelum di edit oleh redaksi. 

Pergeseran situasi sosial, politik selama dua dekade terakhir ini, memberi dampak yang sangat besar pada usaha-usaha yang dibangun oleh komunitas. Jika di pertengahan dan akhir 90-an komunitas-komunitas ini membangun usahanya dengan semangat resistensi dan mencari alternatif terhadap sistem kekuasaan Orde Baru yang saat itu baru saja tumbang. Setelah era reformasi dimana situasi sosial, politik serta perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya, membawa konsekuensi pada kemapanan baru dari kelompok-kelompok yang tadinya resisten dan alternatif.

"Usaha-usahanya ini kan awalnya muncul dari komunitas musik, clothing-clothing ini juga muncul untuk mendukung komunitas musik. Tapi ketika akhirnya clothing-clothing ini berdiri sendiri, si komunitas musiknya sendiri di tinggalkan. Dan ketika usaha ini mengalami penurunan, usaha-usaha ini ramai-ramai mendekati kembali komunitas musik. akhirnya ikatan yang terbangun ya sebatas sponsorship.  Jadi modelnya hanya bisa endorsment doang, karena usaha ini ga ada keterikatan dengan fans base si komunitas musik. Tujuannya hanya menjadikan fans base itu sebagai pasar. 

Mereka menyasar si fans base tanpa tau sejarahnya seperti apa dan bagaimana si band ini berproses, " jelas Iit. Selama ini, band-band lokal baru maupun yang sudah bertahan lebih dari satu bahkan dua dekade, kerap mengeluhkan hal itu, ketika mereka berkumpul di Omuniuum.
Meski tidak semua usaha yang berasal dari komunitas, lantas menjadi lupa dan meninggalkan komunitasnya. Sebagian justru menyadari pentingnya mendukung komunitas yang telah membesarkan mereka. 

“Selama ini maicih didukung oleh komunitas anak muda yang punya kreativitas dalam artian anak-anak musik di bandung yang peduli sama culture, sama art, karena orang-orang ini punya sisi popularity, itu yang membuat maicih jadi ‘boom’ karena sisi popularitas mereka berpengaruh. Dan ketika usaha kita semakin besar, ya kita berusaha give back dengan membuatkan konser, kolaborasi dengan membuatkan event wayang golek, kerjasama dengan saung udjo, musik indie, hal-hal seperti ini kita tempuh, biar rootsnya Maicih tetap terjaga. Meskipun secara personal saya berteman dengan komunitas-komunitas itu, meski ada juga yang saya ga kenal, tapi karena saya mendukung isunya tetap saya dukung. Misalnya dukungan terhadap teman-teman Efek Rumah Kaca. Secara personal saya ga kenal, tapi karena mereka mau rekaman di Lokananta dan Lokananta adalah studio rekamanan pertama di Indonesia ya hal kaya gitu yang akhirnya kita dukung. Karena ada kesamaan pada ketertarikan isu. Ya karena secara pribadi, sebagai owner saya punya ketertarikan isu ke sana, ke scene indie, culture, lingkungan, karena saya ownernya itu jadi roots perusahaan, " Papar Bob Merdeka.

Pergeseran pola interaksi yang lebih komunal dan tatap muka, menjadi lebih individual dan bergantung pada teknologi, menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pelaku usaha ini. Internet di satu sisi dapat memperluas pasar dari produk-produk mereka, namun di sisi yang lain, juga memecah pasar menjadi lebih 'segmented'. Membangun 'fans base online dan offline' menjadi penting dilakukan. Fans base yang bersasal dari follower di jejaring sosial media dan simpatisan kegiatan yang hadir secara langsung inilah yang kemudian menjadi komunitas pendukung usaha-usaha yang dibangun dari komunitas. Hubungannya pun bukan sekedar transaksional, namun ada ikatan emosional yang perlu di bangun dan dijaga.

Hal ini di tegaskan pula oleh Bob Merdeka, “Dulu kita datang dari keterbatasan, dari keterbatasan itu, kita bisa tumbuh dengan baik. Ketika perusahaan sharing proses behind the scenenya ke konsumen, justru itu akan  jadi brand yang bisa membangun empati ke konsumennya. Misalnya pas pabrik kita mengalami kebakaran dan sayangnya belum diasuransikan. Dan kita share di sosmed. Dan dukungan dari konsumen kita luar biasa. Dan saya kira maicih punya modal berharga yang tak terhitung yaitu keluarga konsumen. Itu yang membuat kita pede karena ada keluarga konsumen yang mendukung di belakang kita.”

"Yang penting juga adalah mengelola 'fan base' kita, ga perlu berjuta-juta jumlahnya, biar sedikit asal dikelola dengan baik dan dijaga, mereka bisa jadi loyal dengan kita," tambah Tri Juniantoro dari Omuniuum.

Jika dicermati lebih jauh, menurut Keni Soeriaatmaja, pendiri Bin Ukon dan pengelola program komunitas UNKL/347, ada tiga macam karakter 'fans base'. pertama adalah fans yang mendukung brand yang ditawarkan karena memahami nilai-nilai dan gagasan yang dibawa oleh brand yang bersangkutan. Kedua, fans yang mendukung brand karena ingin terlihat keren dan berbeda dengan yang lain dan yang ketiga, fans yang mendukung karena mengikuti arus disekitarnya. "Semua tetap penting untuk dirangkul, bagaimanapun juga mereka yang menghidupi brand kita," ungkap Keni.

Sementara bagi vendor seperti Mokaw,  justru usaha ini punya kesempatan untuk mendukung upaya-upaya komunitasnya untuk lebih mandiri. Lebih jauh Siesca memaparkan:
”Kita bisa mendukung produksi yang dilakukan komunitas ketika mereka ingin berdikari dengan jualan merchandise. Dan kalau buat kita, justru jadi satu kebanggaan, ketika di company profile kita, kerjaan-kerjaan yang bukan template dan juga ada klien-klien dari komunitas juga. Gimanapun juga, lebih memberi arti, ketika yang kecil-kecil saling mendukung dan bisa berjalan bersama-sama dari pada jalan sendiri-sendiri. Ya semua itu balik lagi ke soal pilihan sih. Tapi menurut gua, penting untuk menjadi tetap kecil, meski punya kapasitas modal yang memadai, kenapa? Karena dengan skala yang tidak terlalu besar, itu bisa meminimalisir resiko dan membuat produk yang dihasilkan juga jadi lebih tepat sasaran. Lebih penting lagi, bisa tetap menjaga kedekatan dengan konsumennya.“


Bagi Age, tidak ada rumus khusus untuk mengelola jejaring sosial dan komunitas pendukungnya. "Tidak perlu mengada-ngada, ya apa adanya, seperti merawat sebuah hubungan pertemanan."

Comments

Popular posts from this blog

Menjadi Penjilid dan Perjalanan Menemukan Fokus

Playing The Building, foto vitarlenology 2008 Suatu hari, ketika berkunjung untuk pertama kalinya ke markas besar Etsy, di Brooklyn, NYC, tahun 2008, Vanessa Bertonzi yang saat itu bekerja sebagai humasnya Etsy, bertanya padaku "Setelah pulang dari Amerika, apa yang akan kamu lakukan?" Saat itu spontan aku menjawab, "Aku mau jadi desainer stationery." Padahal, aku belum sekalipun punya pengalaman ikut kelas menjilid buku atau hal-hal yang sifatnya mengasah keterampilanku menjilid buku.  Jawabanku lebih didasarkan pada kesukaanku akan stationery terutama sekali notebook dan alat-alat tulis. Desain Stationery seperti apa yang ingin aku buat, itupun masih kabur. Namun rupanya, jawabanku itu seperti mantra untuk diriku sendiri dan patok yang ditancapkan, bahwa perjalanan fokusku dimulai dari situ. Menemukan kelas book binding di Etsy Lab pada saat itu, seperti terminal awal yang akhirnya membawaku menelusuri ‘book binding’ sebagai fokus yang ingin aku dalami. Pert...

Craftivism: The Art of Craft and Activism

Bahagia sekaligus bangga, bisa terpilih untuk memberikan kontribusi tulisan pada buku tentang craftivism ini. Sementara aku pasang review dan endorsment terlebih dahulu. Untuk resensinya akan aku publikasikan dalam terbitan yang berbeda.  ------ Editor Betsy Greer Arsenal Pupl Press Craftivism is a worldwide movement that operates at the intersection of craft and activism; Craftivism the book is full of inspiration for crafters who want to create works that add to the greater good. In these essays, interviews, and images, craftivists from four continents reveal how they are changing the world with their art. Through examples that range from community embroidery projects, stitching in prisons, revolutionary ceramics, AIDS activism, yarn bombing, and crafts that facilitate personal growth, Craftivism provides imaginative examples of how crafters can be creative and altruistic at the same time. Artists profiled in the book are from the US, Canada, the UK...

Perjumpaan Cara Pandang Berbeda Dalam 'Kultur Membuat'

Jika dirunut lebih jauh kultur membuat ini, sesungguhnya tidak pernah bisa dilepaskan dari kehidupan   keseharian sejak dahulu kala. Semua pengetahuan tradisional (di barat dan di timur) dengan teknonologi sederhana, aplikatif dan kebijaksanaan terhadap lingkungan sekitarnya, menciptakan gaya hidup yang seimbang lahir, batin juga dengan lingkungan sekitarnya. Masyarakat tradisional memiliki pengetahuan dan cara untuk menemukan keadilan hidup yang selaras dengan lingkungan. ‘Membuat’ bukan semata-mata memenuhi tuntutan seseorang untuk menjadi ‘produktif’, namun lebih jauh dari itu, ‘membuat’ membangun ideologi dan pemenuhan diri secara spiritual dimana ‘membuat’ memberi perasaan berdaya kepada setiap individu yang melakukannya. Membuat juga menciptakan pemahaman akan proses yang membutuhkan waktu, tolerasi atas kegagalan, juga kesadaran bahwa sesuatu itu tidak bisa diperoleh dengan cara instan. Sikap seperti ini yang menumbukan kemampuan untuk menjaga diri dari keserakahan. Nam...